Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Menulis Surat Pernyataan Kesalahan Yang Baik Dan Benar

Tips Menulis Surat Pernyataan Kesalahan Yang Baik Dan Benar
 Surat pernyataan adalah salah satu surat yang sering kali dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam dunia perkantoran, di lingkungan sekolah, dan lain sebagainya. Karena surat ini merupakan salah satu cara untuk menjelaskan sesuatu. Surat pernyataan sendiri adalah surat yang dibuat oleh seseorang yang isinya menerangkan tentang dirinya atau orang lain bahwa orang yang tersebut namanya dalam surat pernah melakukan sesuatu ataupun sebaliknya. Surat ini juga dapat menyatakan tentang seseorang yang menyampaikan kesanggupan dan lain sebagainya.

Maka dari itu, surat pernyataan kesalahan ini adalah surat yang berisikan tentang seseorang yang mengakui kesalahannya dan berjanji untuk tidak mengulanginya kembali. Surat ini dapat dijadikan sebuah jaminan bagi pemegangnya jikalau orang yang tercantum namanya kembali membuat kesalahan serupa dan dapat memberikan sanksi sesuai dengan pernyataannya yang tertera dalam surat pernyataan.

Sebelum mulai menulis surat pernyataan, berikut ini kami akan membagikan susunan dari surat pernyataan.

  1. Nama surat pernyataan, diketik center dengan huruf kapital semuanya.
  2. Isi pernyataan yang meliputi : identitas pihak yang menyatakan, isi pernyataan yang berupa kesungguhan dalam menyatakan sesuatu sesuai dengan kenyataan yang ada, identitas pihak yang menyatakan jika surat dibuat oleh pihak lain.
  3. Penutup yang meliputi : Tempat dan tanggal dibuatnya surat, identitas si pembuat pernyataan, nama terang, tanda tangan dan keterangan lain seperti Nip, Nim, dan lain sebagainya.
Untuk menulis surat pernyataan kesalahan yang baik dan benar, kami akan memberikan beberapa tips dalam menulisnya. Berikut ulasannya :
  1. Menggunakan bahasa yang baku dan sesuai dengan ejaan yang baik dan benar
  2. Menggunakan kalimat yang jelas dan tidak terlalu bertele-tele
  3. Cantumkan identitas diri pembuat pernyataan
  4. Dalam isinya, jelaskan mengenai kesalahan yang telah anda lakukan
  5. Cantumkan pula kesiapan anda untuk menerima konsekuensi atas kesalahan tersebut. Dan berjanjilah pula untuk tidak mengulangi kesalahan itu lagi. Berikan jaminan dengan menyatakan atas kesediaan anda menerima semua bentuk sanksi jika kembali mengulanginya.
  6. Untuk menjaga unsur legalitas sebaiknya gunakan materai 6000 pada bagian tanda tangan pembuat pernyataan.
Dan untuk lebih jelasnya, dibawah ini kami berikan contoh surat pernyataan kesalahan yang baik dan benar.

Tips Menulis Surat Pernyataan Kesalahan Yang Baik Dan Benar

Contoh :


SURAT PERNYATAAN KESALAHAN

Jakarta, 15 Januari 2018

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama              : Rian Afriansyah
Jenis Kelamin : Laki-Laki
Alamat            : Jl. Seruling Indah No. 68 Jakarta Pusat
Jabatan            : Staff Administrasi

Dengan ini saya menyatakan dengan sebenar-benarnya bahwa secara tidak sengaja saya telah salah memasukan tanggal pertemuan dengan kantor cabang yang berakibat pada tanggal tersebut berbenturan dengan jadwal kantor yang lainnya. Hal ini tentu saja membuat situasi yang kacau pada saat itu.

Atas nama pribadi saya bersedia bertanggung jawab kepada perusahaan ini. Besar harapan saya bapak Direktur dapat memaafkan kesalahan saya tersebut. Saya pun bersedia menerima sanksi atas kesalahan yang telah saya perbuat. Saya juga berjanji tidak akan mengulangi kesalahan ini lagi. Apabila saya kembali melakukan hal yang sama, maka saya bersedia dikeluarkan dari perusahaan ini.

Demikianlah surat pernyataan kesalahan ini saya buat dengan sebenar-benarnya supaya dapat dipertimbangkan dengan bijaksana oleh bapak Direktur. Atas perhatian dan kebijaksanaannya saya ucapkan terima kasih.


Jakarta, 15 Januari 2018


Hormat Saya

Materai 6000

Rian Afriansyah

Demikianlah ulasan kami mengenai surat pernyataan kesalahan yang baik dan benar. Semoga dapat membantu dan sampai berjumpa di ulasan kami yang berikutnya.

Post a Comment for "Tips Menulis Surat Pernyataan Kesalahan Yang Baik Dan Benar"