Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Ranking Peringkat Otomatis di Excell

Bagaimana cara menyusun peringkat atau ranking di ecell secara otomatis, tentunya jika kita hitung secara manual maka kita akan sedikit kesulitan bukan? Nah di Ms Excell sendiri menyediakan fungsi Rank yang bisa kita olah untuk membantu kita dalam menyusun peringkat dari banyak nilai yang muncul.

Pada tiap akhir semester bapak/ibu guru disibukkan dengan penilaian siswa hingga akhirnya ingin menentukan urutan nilai atau peringkat yang diperoleh oleh siswa selama belajar satu semester.

Di sini saya akan mencoba menjelaskan bagaimana cara membuat ranking atau peringkat di Ms. Excell secara otomatis.

Dan seperti biasa penjelasan tutorial saya di bawah ini dijelaskan sesederhana mungkin dengan tujuan agar lebih mudah dimengerti tanpa menyampingkan aturan dalam perumusan excell itu sendiri.

Baiklah berikut urutan penjelasannya.

Dari tampilan gambar di atas kita akan mencari peringkat di cell D2 sampai dengan D9
rumus yang kita pakai adalah Rank  =rank(number;ref;[order])

kita tulis rumusnya pada cell D2 adalah =RANK(C2;$C$2:$C$9;0). Penjelasannya adalah kita akan menentukan hasil peringkat dari nilai C2 dengan rentang nilai pada $C$2:$C$9, timbul pertanyaan kenapa ada tanda $ ini adalah untuk mengunci agar pada saat rumusnya disalin ke bawah tidak akan berubah caranya supaya terkunci atau ada tanda $ adalah dengan menekan f4 pada keyboard.


setelah referensi daftar nilai pada cell C2;$C$2:$C$9 selanjutnya ada angka nol (0) Descending ini bertujuan memunculkan ranking 1 untuk nilai yang paling besar diantara referensi nilai itu sendiri dan tekan Enter maka hasilnya akan seperti di bawah ini

 

Kemudian kita salin rumusnya ke bawah dan hasilnya seperti di bawah ini


Pada siswa 7 disinilah fungsi dari angka nol (0) pada rumus di atas bahwa nilai yang paling besar akan mendapat angka 1.

Sebaliknya jika kita menuliskan angka satu (1) Ascending pada rumusnya contoh =RANK(C2;$C$2:$C$9;1) maka hasilnya akan sebaliknya rangking berurutanya adalah dari nilai yang paling kecil akan mendapat ranking 1 

Sekian tutorial dari saya mudah-mudahan dapat bermanfaat CMIIW. Ok untuk menambah referensi saya.

Jika ingin versi Videonya bisa dilihat di bawah ini





Post a Comment for "Cara Membuat Ranking Peringkat Otomatis di Excell"