Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SK Bendahara Sekolah SD, SMP dan SMK/MA Bantuan Operasional Sekolah (BOS)

download SK Bendahara Sekolah

Pada postingan kali ini admin akan membagikan SK bendahara sekolah, surat keterangan ini adalah hal yang wajib dimiliki sekolah sebagai surat keputusan dibentuknya bendahara sekolah untuk mengelola keuangan seperti pengelolaan keuanagan Bantuan Operasional Sekolah atau (BOS).

Ada beberapa tujuan yang di tetapkan dalam menggunakan dana BOS untuk kepentingan sekolah diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Membantu penyediaan pendanaan biaya operasi non personil sekolah, akan tetapi masih ada beberapa pembiayaan personil yang masih dapat dibayarkan dari dana BOS; 
  2. Membebaskan pungutan biaya operasi sekolah bagi peserta didik SD/SDLB/SMP/SMPLB yang diselenggarakan oleh Pemerintah Pusat atau pemerintah daerah; 
  3. Meringankan beban biaya operasi sekolah bagi peserta didik SD/SDLB/SMP/SMPLB yang diselenggarakan oleh masyarakat; dan/atau 
  4. Membebaskan pungutan peserta didik yang orangtua/walinya tidak mampu pada SD/SDLB/SMP/SMPLB yang diselenggarakan oleh masyarakat.
  5. Meningkatkan angka partisipasi kasar; 
  6. Mengurangi angka putus sekolah; 
  7. Mewujudkan keberpihakan Pemerintah Pusat (affimative action) bagi peserta didik yang orangtua/walinya tidak mampu dengan membebaskan (fee waive) dan/atau membantu (discount fee) tagihan biaya sekolah dan biaya lainnya di SMA/SMALB/SMK sekolah; 
  8.  Memberikan kesempatan yang setara (equal opportunity) bagi peserta didik yang orangtua/walinya tidak mampu untuk mendapatkan layanan pendidikan yang terjangkau dan bermutu; dan/atau 
  9. Meningkatkan kualitas proses pembelajaran di sekolah. 

Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) adalah program pemerintah yang pada dasarnya untuk penyediaan biaya operasi nonpersonalia bagi satuan pendidikan dasar sebagai pelaksana program wajib belajar.

Dana Bantuan Operasioanal Sekolah (BOS) merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, sekolah dapat memanfaatkan dana ini sesuai petunjuk teknis penggunaan BOS yang setiap tahun diterbitkan.

Agar dalam penggunaan anggaran BOS transfaran, akuntabel dan dapat dimanfaatkan sesuai kebutuhan sekolah dengan tidak melanggar dengan juknisnya itu sendiri.

Tugas dari bendahara sekolah adalah menyusun RKAS, Gaji Guru dan Karyawan, Biaya Investasi, Biaya Operasional dan biaya perawatan.

Membantu Kepala Sekolah dalam mengelola Keuangan Sekolah : meneriima, membukukan, menyimpan, mengeluarkan dan mempertanggungjawabkan. Mengurus keuangan bea siswa. Mengurus pengadministrasian keuangan/ kesejahteraan.

Bagi bapak ibu yang mendapat tugas sebagai bendahara sekolah akan mendapatkan SK surat keputusan dari kepala sekolah tentang pengangkatan sebagai bendahara sekolah.

Hal ini biasanya dibutuhkan ketika pegantian bendahara atau kepala sekolah sebagai salah satu syarat pengajuan speciment ke Bank untuk mengganti data kepala sekolah dan bendahara di Bank penyalur.

Bagi sekolah-sekolah yang belum memiliki contoh SK Bendahara BOS dan SK Tim Manajemen BOS, maka pada kali ini saya akan membagikannya dalam bentuk ms word sehingga memudahkan dalam mengedit dan dapat disesuaikan dengan sekolah.

Nah bagi para OPS yang membutuhkan referensi mengenai SK Bendahara Sekolah baik untuk SD, SMP dan SMA/SMK pada tautan di bawah ini:


  • Download SK Bendahara SD (DISINI)
  • Download SK Bendahara SMP (DISINI)
  • Download SK Bendahara SMA/SMK (DISINI)

Demikianlah postingan kali ini semoga dapat membantu teman-teman yang sedang mencari referensi SK bendahara untuk di sekolahnya semoga bermanfaat dan mendapat keberkahan dalam menjalankan kewajiban kita sehari-hari.

Admin mohon maaf apabila ada yang kurang berkenan dan admin ucapkan banyak terimakasih yang sudah berkunjung di blog ini.

Post a Comment for "SK Bendahara Sekolah SD, SMP dan SMK/MA Bantuan Operasional Sekolah (BOS) "