Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Konsep Personalized Learning Dan Cara Menerapkannya Dalam Pembelajaran

Mengenal Konsep Personalized Learning Dan Cara Menerapkannya Dalam Pembelajaran

Daftar Isi:
  • Manfaat Personalized Learning
  • Cara Menerapkan Personalized Learning
  • Penilaian dalam Personalized Learning
  • Teknologi dalam Personalized Learning
  • Pengaruh Personalized Learning terhadap Siswa
  • Tantangan dalam Menerapkan Personalized Learning
  • Contoh Penerapan Personalized Learning di Sekolah
Hallo semuanya alhamdulillah saya bisa menulis artikel lagi. Kali ini, kita akan membahas tentang konsep Personalized Learning dan cara menerapkannya dalam pembelajaran. Personalized Learning adalah pendekatan pembelajaran yang menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing siswa. Dalam artikel ini, kamu akan mengetahui manfaat, cara menerapkan, pengaruh terhadap siswa, serta tantangan dalam menerapkan Personalized Learning. Selain itu, kamu juga akan menemukan contoh penerapan Personalized Learning di sekolah. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!


Manfaat Personalized Learning

Manfaat Personalized Learning:Hal ini juga tidak mudah bagi guru untuk dapat menyesuaikan cara mengajar sesuai kebutuhan siswa yang berbeda-beda Penelitian ini menerapkan model pembelajaran Personalized Learning dengan berbantuan multimedia interaktif, yaitu model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya belajar siswa.
Kreasi bersama, yaitu siswa bersama-sama guru mengembangkan tantangan, masalah, atau ide, mengklarifikasi apa yang diukur, melihat produk, dan merancang Untuk mendapatkan kemampuan tersebut, guru perlu menggunakan model pembelajaran inovatif, yaitu siswa diberi kesempatan terlibat dalam kegiatan yang dapat mengembangkan kemampuan kerja sama, komunikasi, berpikir kritis, memecahkan masalah, dan daya kreatif (Naidoom, 2021).
Dalam menciptakan lingkungan pembelajaran personalized, diperlukan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, yairtu: (1) adanya penguasaan yang sempurna bagi setiap unit pelajaran sebelum maju ke unit pelajaran berikutnya, (2) metode cermah dan demonstrasi sebagai alat untuk memberi motivasi kepada siswa, (3) kom Hal terpenting dalam personalized learning adalah keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, sejak tahap awal perencanaan pembelajaran itu sendiri.
Pembelajaran yang dipersonalis Personalized learning mendorong siswa mengenal kekuatan ide mereka dan bagaimana ide mereka dapat mengubah dan berkembang melalui kontak dengan ide orang lain (Kallick, Zmuda, 2017).
.

Cara Menerapkan Personalized Learning


Cara Menerapkan Personalized Learning:Metode personalized learning atau pembelajaran yang dipersonalisasi dilakukan dengan beberapa cara seperti: Menggunakan Assessment untuk Mengetahui Kemampuan Siswa Di awal semester, siswa akan mengikuti assessment untuk mengetahui kemampuan mereka dalam bidang studi tertentu.
Hal ini juga tidak mudah bagi guru untuk dapat menyesuaikan cara mengajar sesuai kebutuhan siswa yang berbeda-beda Penelitian ini menerapkan model pembelajaran Personalized Learning dengan berbantuan multimedia interaktif, yaitu model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya belajar siswa.
Personalized learning merupakan model pembelajaran yang digunakan sebagai solusi dari fakta bahwa setiap murid belajar dengan cara dan kecepatan yang berbeda. Dalam pemanfaatannya, personalized learning diperkenalkan karena meningkatkan kesadaran dikalangan peneliti tentang keanekaragaman siswa dari berbagai aspek seperti gaya belajar, sikap, minat, prilaku, kemampuan berpikir, kemampuan belajar dan sebagaianya (Sahabudin  Ali, 2013).
.

Penilaian Dalam Personalized Learning

Penilaian Dalam Personalized Learning:Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu: 1) Hasil pengembangan media pembelajaran mendapatkan persentase rata-rata penilaian sebesar 84% atau Sangat Baik oleh para ahli; 2) Hasil penggunaan media yang diukur dengan uji gain dan dikelompokkan berdasarkan gaya belajar siswa adalah sebagai berikut: Visual memperoleh 0,34 dengan Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan instrumen penilaian blended learning dalam rangka akuisisi pengetahuan, sikap dan psikomotor.
Personalized learning merupakan model pembelajaran yang digunakan sebagai solusi dari fakta bahwa setiap murid belajar dengan cara dan kecepatan yang berbeda. Dalam pemanfaatannya, personalized learning diperkenalkan karena meningkatkan kesadaran dikalangan peneliti tentang keanekaragaman siswa dari berbagai aspek seperti gaya belajar, sikap, minat, prilaku, kemampuan berpikir, kemampuan belajar dan sebagaianya (Sahabudin Ali, 2013). Personalize Learning itu sendiri adalah proses pembelajaran yang disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan setiap siswa yang berbeda-beda dengan menggunakan teknologi informasi.
.

Teknologi Dalam Personalized Learning


Teknologi Dalam Personalized Learning:Dalam individualized learning para peserta didik selalu diberi tugas belajar dan terus melanjutkan penggunaan teknologi seperti computer adapted models, software platform, atau teacher-generated playlist, untuk menyelesaikan tugas (Kallick Tulisan ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang tantangan perubahan LMS di era pendidikan 4.0. Pembahasan fokus kepada tiga faktor yang mempengaruhi pengembangan LMS di era pendidikan 4.0. faktor kebijakan, big data dan manajemen pengetahuan, dan infrastruktur teknologi.
Dalam pemanfaatannya, personalized learning diperkenalkan karena meningkatkan kesadaran dikalangan peneliti tentang keanekaragaman siswa dari berbagai aspek seperti gaya belajar, sikap, minat, prilaku, kemampuan berpikir, kemampuan belajar dan sebagaianya (Sahabudin  Ali, 2013).
Kemajuan informasi dan komunikasi tentang teknologi (TIK) dan alat pengembangan konten digital membuat personalized learning tersedia untuk khalayak yang lebih luas. Personalized learning (pembelajaran yang dipersonalisasi) adalah suatu metode pembelajaran di mana materi dan strategi pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan individu siswa.
.

Pengaruh Personalized Learning Terhadap Siswa

Pengaruh Personalized Learning Terhadap Siswa:Hal ini juga tidak mudah bagi guru untuk dapat menyesuaikan cara mengajar sesuai kebutuhan siswa yang berbeda-beda Penelitian ini menerapkan model pembelajaran Personalized Learning dengan berbantuan multimedia interaktif, yaitu model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya belajar siswa.
Untuk Mengetahui perbedaan pengaruh antara PENGARUH DESAIN E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN PADA SISWA SMK The Effect of E-learning Design to Students Learning Achievement and Creative Thinking Skill on Programming Subject of Vocational High School Students Pembelajaran personal / personalized learning mengambil peranan dalam era E-learning sekarang ini, atau bahasa trendnya itu pembelajaran abad 21.
Izmestiev (2012:3) mengatakan bahwa personalized learning Penelitian ini bertujuan untuk merancang media pembelajaran berupa web dengan model Personalized Learning yang digabungkan dengan gaya belajar VAK untuk meningkatkan kognitif siswa terhadap materi Pengenalan SQL.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran MPL yang diukur melalui persepsi siswa.
.

Tantangan Dalam Menerapkan Personalized Learning


Tantangan Dalam Menerapkan Personalized Learning:Dalam kurun lebih dari satu tahun terakhir telah menjadi waktu yang mengganggu pendidikan, dengan institusi dari semua ukuran dengan cepat beralih ke pembelajaran online dan blended learning karena efek pandemi COVID-19.
Dengan demikian, model personalized learning berbantuan multimedia interaktif dapat menjadi alternatif dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.---In the learning process, each student has individual personal needs and different characteristics.
Senin, 25 April 2022 - 21:47 WIB Personalized Learning dan Relevansinya dengan Merdeka Belajar Guru mungkin masih asing dengan istilah personalized learning, namun guru pasti mengetahui mengenai student centered learning atau pembelajaran yang berpusat pada murid.
Dalam pemanfaatannya, personalized learning diperkenalkan karena meningkatkan kesadaran dikalangan peneliti tentang keanekaragaman siswa dari berbagai aspek seperti gaya belajar, sikap, minat, prilaku, kemampuan berpikir, kemampuan belajar dan sebagaianya (Sahabudin  Ali, 2013).
.

Contoh Penerapan Personalized Learning Di Sekolah

Contoh Penerapan Personalized Learning Di Sekolah:Konsep Merdeka Belajar ini siswa/i agar dapat menyesuaikan diri dalam memahami materi, memecahkan jawaban sesuai dengan kemampuannya, ibarat bermain game serta mampu memecahkan tantangan akan cepat naik level, jadi bukan lagi cara pukul rata kemampuan siswa.
Bahwa melatih skill dan critical-thinking peserta didik untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila salah satunya dengan mengimplementasikan Project Based Learning dalam pembelajaran Learning di Sekolah dasar Richard Adony Natty, Forosalia Kristin, Indri Anugraheni Jurnal Basicedu Vol 3 No 4 November Tahun 2019 p-ISSN 2580-3735 e-ISSN 2580-1147 Project Based Learning (PjB L) .
Personalized Learning dan Relevansinya dengan Merdeka Belajar Guru mungkin masih asing dengan istilah personalized learning, namun guru pasti mengetahui mengenai student centered learning atau pembelajaran yang berpusat pada murid. Guru akan memberikan tugas dan latihan yang sesuai dengan kemampuan siswa, sehingga siswa dapat belajar dengan lebih efektif dan efisien.

Post a Comment for "Mengenal Konsep Personalized Learning Dan Cara Menerapkannya Dalam Pembelajaran"