Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tutorial Terbaru: Cara Menggunakan Teknologi Dalam Pembelajaran Online


Tutorial Terbaru: Cara Menggunakan Teknologi Dalam Pembelajaran Online

Daftar Isi:
Terima kasih sudah berkunjung ke website kami hari ini. Bagi kamu yang ingin memaksimalkan teknologi dalam proses pembelajaran online, artikel ini bisa menjadi panduanmu. Dalam artikel ini akan dibahas tentang pengenalan teknologi dalam pembelajaran, keuntungan menggunakan teknologi, platform pembelajaran online yang tersedia, tips memilih platform yang tepat, membuat materi pembelajaran online yang menarik, menerapkan teknologi dalam pembelajaran tatap muka dan jarak jauh, serta mengatasi kendala teknologi dalam pembelajaran online. Simak terus artikel ini untuk informasi lebih lanjut

Pengenalan Teknologi Dalam Pembelajaran Online


Pengenalan Teknologi Dalam Pembelajaran Online:
  1. Otomatisasi akan terus mengubah sekolah karena semakin banyak alat pintar yang disertakan, termasuk teknologi pengenalan wajah untuk mencatat kehadiran, analisis data untuk menginformasikan keputusan pembelajaran sehingga guru tidak perlu menganalisis Pembelajaran online adalah sistem belajar yang terbuka dan tersebar dengan menggunakan perangkat pedagogi (alat bantu pendidikan), yang dimungkinkan melalui internet dan teknologi berbasis jaringan untuk memfasilitasi pembentukan proses belajar dan pengetahuan melalui aksi dan nteraksi yang berarti.
  2. Faturrahman dan Sutikno (2010) mengemukakan dua fungsi media dalam pembelajaran, yaitu: (1) meningkatkan motivasi belajar peserta didik, (2) mengingatkan Seiring berkembangnya teknologi pembelajaran online, institusi virtual telah menyempurnakan proses digital untuk mencegah kecurangan dan/atau plagiarisme.
  3. Berikut adalah beberapa ragam teknologi pembelajaran yang dapat digunakan untuk menunjang tercapainya tujuan pembelajaran di sekolah, antara lain yaitu: Portal Rumah Belajar, Televisi Edukasi, Radio Suara Edukasi, Akun Pembelajaran (), dan lain sebagainya.
  4. Teknologi pendidikan didefinisikan sebagai studi dan etika praktek dalam memfasilitasi belajar dan peningkatan pelaksanaan pembelajaran dengan cara menciptakan, menggunakan, dan mengelola proses dan pemanfaatan sumber teknologi yang tepat.
.

Keuntungan Menggunakan Teknologi Dalam Pembelajaran Online


Belajar online bisa menyenangkan bagi anak-anak karena mereka belajar dengan cara yang berbeda dari lingkungan sekolah atau kursus biasanya. Mereka dapat mengenakan pakaian yang nyaman dan belajar di rumah, yang dapat menjadi pengalaman berharga. Keuntungan lainnya adalah mereka dapat memiliki lebih banyak waktu untuk mengeksplorasi hobi dan minat mereka. Ini bukan hanya tentang mendapatkan pengetahuan, tetapi juga bersenang-senang. Tahukah Anda bahwa belajar daring di rumah juga dapat membantu mengurangi polusi dari kendaraan? Ini karena orang tua tidak perlu lagi mengantar anaknya ke sekolah atau les.

Platform Pembelajaran Online Yang Tersedia


Platform Pembelajaran Online Yang Tersedia:
  1. Anda juga dapat menyertakan papan peringkat dan elemen gamifikasi lainnya untuk mendorong pelajar menyelesai Coassemble adalah platform pembelajaran digital berbasis cloud yang memungkinkan manajer dan eksekutif pembelajaran dan pengembangan untuk membuat kursus pelatihan online dan melacak kemajuan tanpa menggunakan perangkat lunak pihak ketiga.
  2. Sebagai bagian dari Google Suite, Anda akan memiliki opsi untuk dengan mudah memasukkan video YouTube, survei Google Formulir, dan item lain dari Google Drive dalam Funzi adalah platform pembelajaran digital yang dibangun untuk memenuhi kebutuhan pelajar yang sibuk.
  3. Forum diskusi, tugas, CreateLMS adalah platform pembelajaran digital lain yang dapat Anda gunakan untuk memperkenalkan karyawan baru Anda lebih cepat dan melatih karyawan Anda dengan lebih efisien, semuanya tanpa menghabiskan banyak uang.
  4. Anda juga dapat menyertakan sumber belajar s Inquisiq adalah platform pembelajaran digital yang memungkinkan manajer untuk menyebarkan, mengelola, dan melacak program pembelajaran yang perlu diakses oleh karyawan, pelanggan, sukarelawan, dan mitra mereka.
.

Tips Memilih Platform Pembelajaran Online


Tips Memilih Platform Pembelajaran Online:
  1. Pertanyaannya: bagaimana mengetahui platform itu terpercaya atau tidak? Jadi bagaimana Anda memilih platform pembelajaran online terbaik untuk diri sendiri atau lembaga pendidikan di tempat Anda? Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan: Pastikan platform elearning didasarkan pada format kursus singkat di mana konten dimasukkan ke dalam potongan 2-3 menit dan pembelajaran tidak lebih dari durasi 30 menit.
  2. Berkat internet dan perangkat IoT Anda Platform pembelajaran online perlu dirancang dan diterapkan untuk mencerminkan pengalaman menjelajah yang sederhana karena pengguna tidak ingin belajar cara masuk dan menggunakan sistem baru.
  3. Semuanya bisa kamu pilih sesuai dengan Pilihlah platform belajar online yang bisa dengan mudah digunakan dan tidak menyulitkan, khususnya untuk anak-anak yang masih butuh bimbingan.
  4. Online Classroom adalah platform pembelajaran yang memungkinkan pengajar untuk membuat area kelas online di mana mereka dapat mengelola semua dokumen yang dibutuhkan siswa.
.

Membuat Materi Pembelajaran Online Yang Menarik


Membuat Materi Pembelajaran Online Yang Menarik:
  1. Menurutnya, agar materi pembelajaran secara online itu lebih efektif dan menarik, guru harus memetakan materi yang akan disampaikan, misalnya dengan mind map.
  2. Banyak eBook, PDF atau media lain seperti gambar, video dan audio tersedia di internet untuk menunjang cara membuat pembelajaran online tersebut agar semakin menarik.
  3. Kita akan fokus membahas penggunaan wordwall untuk menciptakan materi dan games pembelajaran yang menarik secara gratis atau non-berbayar.
  4. Dengan mengimplementasikannya, lembaga dan organisasi pelatihan dapat membuat sistem yang memungkinkan Trik memberikan pembelajaran online yang menarik.
.

Menerapkan Teknologi Dalam Pembelajaran Tatap Muka


Menerapkan Teknologi Dalam Pembelajaran Tatap Muka:
  1. Harapan dari PTM ialah memacu kinerja pembelajaran karena fakta secara daring Beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam memulihkan pembelajaran adalah mendorong partisipasi pembelajaran tatap muka 100 persen yang aman, memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam layanan pendidikan, serta memberikan dukungan bagi pemda, satuan pendidikan, dan peserta didik yang terdampak lebih berat karena pandemi Covid-19.
  2. Salah satu usaha penguasa dalam program Pembelajaran Jarah Jauh (PJJ) ialah dengan menyuguhkan modul pelajaran sesuai dengan tahapan Pembelajaran tatap muka atau pembelajaran luring adalah pembelajaran tanpa internet atau bisa dikatakan pembelajaran dengan datang langsung ke sekolah.
  3. Mendorong siswa lebih giat belajar - Pelaksanaan pembelajaran tatap muka ( PTM) terbatas dengan kapasitas 100 persen sudah dapat diberlakukan di sejumlah wilayah pada Januari 2022.
  4. PEMBELAJARAN tatap muka (PTM) 100% telah diberlakukan sejak Senin, 10 Januari 2022, mengacu Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri tertanggal 21 Desember 2021 dengan No 05/KB/2021, Nomor 1347 Tahun 2021, No HK.01.08/ Menkes/6678/2021, dan No 443-5847 Tahun 2021.
.

Menerapkan Teknologi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh


Menerapkan Teknologi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh:
  1. PJJ Daring secara khusus menggabungkan teknologi elektronik dan teknologi berbasis internet, sementara PJJ Luring dapat dilakukan melalui siaran televisi, radio, modul belajar mandiri, bahan cetak maupun media belajar dari benda Reisa mengatakan, untuk menerapkan pembelajaran jarak jauh ada 7 hal yang harus diperhatikan guru dan murid agar proses belajar dan mengajar berjalan dengan baik.
  2. Misalnya metode role playing dalam materi drama di tingkat SMA, presentasi kelompok maupun individu yang dapat dilaksanakan untuk menilai keaktifan dan partisipasi siswa dalam kegiatan Berdasarkan hasil penelitian tentang penerapan teknologi dalam pembelajaran jarak jauh di SMK Yaknas Polewali.
  3. Adanya bantuan aplikasi yang terdapat di android, laptop maupun komputer seperti aplikasi whatsapp, google classroom, google meet, zoomdll, yang dijadikan guru sebagai media pembelajaran Dalam upaya untuk memutus rantai penularan virus, banyak sekolah dan perguruan tinggi di seluruh dunia beralih ke pembelajaran jarak jauh.
  4. Pertama, bagi guru dan murid harus memahami cara pengoperasian alat-alat teknologi yang digunakan dalam pembelajaran jarak jauh.
.

Mengatasi Kendala Teknologi Dalam Pembelajaran Online


Mengatasi Kendala Teknologi Dalam Pembelajaran Online:
  1. Guru bisa mengatasi berbagai kendala yang dihadapi dalam pembelajaran daring ini dengan memaksimalkan sumber daya yang ada dan membuat rancangan pembelajaran yang mudah diakses oleh siswa supaya siswa mudah dalam belajar dan memahami materi yang diberikan guru.
  2. Sedangkan, siswa dapat memperhatikan gestur, mimik, dan penjelasan da Ada beberapa hambatan yang dapat terjadi pada saat pembelajaran daring: 1.Orang tua siswa gaptek Bagi yang masih awam dengan teknologi dan tidak semua orang memiliki ponsel yang canggih.
  3. Salah satu kendala utama pemakaian teknologi pembelajaran tentu saja adalah infrastruktur dan penetrasi internet serta kebiasaan penggunaan Tidak semua siswa memiliki perangkat untuk mengikuti pembelajaran daring.
  4. Hal ini tentu membuat proses pembelajaran tidak dapat berjalan dengan efekti Selain tidak adanya perangkat, kebutuhan akan kuota juga menjadi kendala pembelajaran daring yang tidak bisa dihindari.

Post a Comment for "Tutorial Terbaru: Cara Menggunakan Teknologi Dalam Pembelajaran Online"