Contoh Format Penilaian Keterampilan Kurikulum 2013
A. Contoh Penilaian Ketrampilan
1.
Tes Praktik
a.
Daftar Cek (Check-list)
Contoh 1
Penilaian Ketrampilan Membaca Q.S. Al
Mujadalah(58):11
Nama peserta didik : Faisal Allafta
Kelas : VII/A
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti
Kompetensi : 4.3.1.1. Membaca Q.S. Al-
Mujadilah (58):11 dengan tartil
Indikator : Membaca Q.S. Al-
Mujadilah (58):11 dengan tartil
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Baik
|
Tidak baik
|
1.
|
Kelancaran
bacaan
|
√
|
|
2.
|
Ketepatan
tajwid
|
√
|
|
3.
|
Ketepatan
Pengucapan Makhraj
|
√
|
|
4.
|
Sikap
Membaca al-Qur’an
|
√
|
|
5.
|
Penghayatan
terhadap bacaan
|
√
|
|
6.
|
Melagukan
secara tartil
|
√
|
|
Skor yang dicapai
|
10
|
||
Skor maksimum
|
12
|
Keterangan
Baik mendapat skor 2
Tidak baik mendapat skor 1
Petunjuk Penskoran :
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Contoh :
Skor diperoleh 10, skor tertinggi 2 x 6 pernyataan = 12, maka skor
akhir :
Contoh 2
Kelas / Semester
|
:
|
VII / 1
|
Kompetensi Inti
|
:
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.4. Melaksanakan bersuci dari hadats besar dalam kehidupan
sehari-hari
|
Indikator
|
:
|
1.
Mempraktikkan wudhu dengan benar
|
No.
|
Aspek Yang Dinilai
|
Sempurna
|
Tidak Sempurna
|
1.
|
Niat Wudlu
|
√
|
|
2.
|
Mencuci tangan
|
√
|
|
3.
|
Berkumur-kumur
|
√
|
|
4.
|
Membasuh hidung
|
√
|
|
5.
|
Membasuh muka
|
√
|
|
6.
|
Membasuh tangan
sampai siku
|
√
|
|
7.
|
Mengusap sebagian
kepala
|
√
|
|
8.
|
Membasuh telinga
|
√
|
|
9.
|
Membasuh kaki
sampai kedua mata kaki
|
√
|
|
10.
|
Do’a setelah wudlu
|
√
|
|
11.
|
Tertib
|
√
|
|
Skor
yang dicapai
|
18
|
Keterangan
Sempurna mendapat skor 2
Tidak sempurna mendapat skor 1
Petunjuk Penskoran :
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Contoh :
Skor diperoleh 18, skor tertinggi 2 x 11 pernyataan = 22, maka skor akhir:
b.
Rating Scale (Skala Penilaian)
Contoh 1
Penilaian Ketrampilan Mempraktikkan Tata cara shalat
jama’qasar
Nama peserta didik : Faisal Allafta Zidan
Kelas :
VII/A
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kompetensi : 4.11.1. Mempraktikkan tata cara shalat
jama’ qasar
Indikator : Mempraktikkan tata cara shalat jama’ qasar
No.
|
Aspek Yang Dinilai
|
Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Niat
|
√
|
|||
2.
|
Bacaan
shalat
|
√
|
|||
3.
|
Gerakan
|
√
|
|||
4.
|
Ketepatan
tata cara jama’
|
√
|
|||
5.
|
Ketepatan
Tata cara qasar
|
√
|
|||
Jumlah
|
17
|
||||
Skor Maksimum
|
20
|
Keterangan penilaian:
1 = tidak kompeten
2 = cukup kompeten
3 = kompeten
4 =
sangat
kompeten
Petunjuk
Penskoran :
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Contoh :
Skor diperoleh 17, skor tertinggi 4 x 5 pernyataan = 20, maka skor
akhir :
Post a Comment for "Contoh Format Penilaian Keterampilan Kurikulum 2013"