Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Format Penilaian Sikap Spiritual Kurikulum 2013


A.      Contoh Format Penilaian Sikap Spiritual

1.        Observasi

Contoh Format Penilaian  Observasi Sikap Spiritual
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

2.        Penilaian Diri
Contoh Format Penilaian Konsep Diri Peserta Didik
(Menggunakan Daftar Cek)

     Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti  : 
     Nama                           ……………..
     Kelas                           ……………
     Sikap yang dinilai       :  Spritiual
No
Pernyataan
Alternatif
Ya
Tidak
1
Saya berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu


2
Saya mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan


3
Saya memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi


4
Saya berserah diri kepada Tuhan apabila gagal dalam mengerjakan sesuatu.


5
Saya menjaga lingkungan hidup di sekitar rumah tempat tinggal, sekolah dan masyarakat



Skor Perolehan



3.        Penilaian Antar Peserta Didik

Contoh Instrumen Penilaian Sikap Spiriual

Daftar Cek Penilaian Antar Peserta Didik

Nama penilai                               : (Tidak diisi)
Nama peserta didik yang dinilai :  ………….
Kelas                                           :  
Mata pelajaran                             :  PAI dan Budi Pekerti
Sikap Spiritual yang diamati      :  Spiritual.
Berilah tanda cek pada kolom pilihan berikut dengan
4 =    selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 =    sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 =    kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan  sering tidak melakukan
1 =    tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

No
Aspek Pengamatan
Skor
4
3
2
1
1
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu




2
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan




3
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi




4
Memelihara hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa




5
Menghormati orang lain menjalankan ibadah sesuai agamanya.





JUMLAH


4.        Jurnal Penilaian Sikap Spiritual

1)        Model Pertama
Petunjuk pengisian jurnal (diisi oleh guru):
a)        Tulislah identitas peserta didik yang diamati
b)        Tulislah tanggal pengamatan
c)        Tulislah aspek yang diamati oleh guru.
d)        Ceritakan kejadian-kejadian yang dialami oleh peserta didik baik yang merupakan kekuatan peserta didik maupun kelemahan peserta didik sesuai dengan pengamatan guru terkait dengan Kompetensi Inti.
e)        Tulislah dengan segera kejadian
f)         Setiap kejadian per anak ditulis pada kartu yang berbeda.
g)        Simpanlah kartu tersebut di dalam folder masing-masing peserta didik
Format Jurnal 1
Jurnal
Nama Peserta Didik    …………………
Nomor peserta Didik  ………………….
Tanggal                       ………………….
Aspek yang diamati    Spritual.
Kejadian                      :



   

Guru            ……………
Nilai Siswa : ……..
Petunjuk penskoran :
a)        Jika melakukan hal positif ( sesuai ajaran agama) nilai 100
b)        Jika melakukan hal kurang positif kurang (sesuai ajaran agama) nilai 75
c)        Jika melakukan hal tidak positif kurang (tidak sesuai ajaran agama) nilai 65

2)        Model Kedua
Petunjuk pengisian jurnal (diisi oleh guru):
a)        Tulislah aspek yang diamati
b)        Tulislah identitas peserta didik yang diamati
c)        Tulislah tanggal pengamatan.
d)        Tulislah aspek yang diamati oleh guru.
e)        Ceritakan kejadian-kejadian yang dialami oleh peserta didik baik yang merupakan kekuatan peserta didik maupun kelemahan peserta didik sesuai dengan pengamatan guru terkait dengan Kompetensi Inti.
f)         Tulislah dengan segera kejadian yang diamati
g)        Setiap kejadian per anak ditulis pada kartu yang berbeda.
h)        Simpanlah kartu tersebut di dalam folder masing-masing Peserta didik
Jurnal

Nama Peserta Didik    :  ……………….
Sikap yang diamati     :  Spiritual.
No.
Hari/ Tanggal
Kejadian
Nilai
S1









Jumlah



Rata- rata












B.       Contoh Format Penilaian Sikap Sosial

1.        Observasi

Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap jujur yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
Pedoman Observasi Sikap Jujur
Petunjuk :
Lembaran ini diisi guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam perilaku jujur.
   selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3    sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2   kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan  sering tidak melakukan
1   tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nama Peserta Didik                ………….
Kelas                                       …………..
Tanggal Pengamatan              …………..
Sikap Sosial yang diamati      : Perilaku Disiplin


No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Datang tepat waktu




2
Patuh pada tata tertib atau aturan bersama/ sekolah




3
Mengerjakan/mengumpulkan tugas sesuai waktu yang ditentukan




4
Tertib dalam menerapkan aturan penulisan untuk karya ilmiah




Jumlah Skor















Petunjuk Penskoran :
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :


Pedoman Observasi Sikap Jujur
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam sikap disiplin.
   selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3    sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2   kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan  sering tidak melakukan
1   tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nama Peserta Didik                ………….
Kelas                                       …………..
Tanggal Pengamatan              …………..
Sikap Sosial yang diamati      : Perilaku Jujur


No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Tidak mencontek saat mengerjakan ujian/ulangan/tugas




2
Tidak melakukan plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam mengerjakan setiap tugas




3
Mengungkapkan perasaan terhadap sesuatu apa adanya




4
Melaporkan data atau informasi apa adanya




5
Mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki




Jumlah Skor


















Petunjuk Penskoran :
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :

2.      Penilaian Diri

Contoh Format Penilaian Diri Peserta Didik
(Menggunakan Daftar Cek)

     Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti  : 
     Nama                           ……………..
     Kelas                           ……………
     Sikap yang dinilai       :  Sosial/Tanggung jawab
No
Pernyataan
Alternatif
Ya
Tidak
1
Melaksanakan tugas individu dengan baik


2
Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan


3
Tidak menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat


4
Mengembalikan barang yang dipinjam


5
Meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan



Skor Perolehan



Penilaian Diri

Contoh Format Penilaian Diri Peserta Didik
(Menggunakan Daftar Cek)

     Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti  : 
     Nama                           :……………………………………
     Kelas                           : VII
     Sikap yang dinilai       :  Sosial/ Toleransi
No
Pernyataan
Alternatif
Ya
Tidak
1

Saya menghargai jika ada teman yang berbeda pendapat



2

Saya menghormati teman yang berbeda suku, agama, ras, budaya, dan gender



3

Saya Menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapatnya



4

Saya dapat menerima kekurangan orang lain



5
Saya berusaha menjalankan semua perintah Allah Swt.


6.

Jika ada teman yang menjahili saya saya
Biarkan dan maafkan



Skor Perolehan




Contoh Format Penilaian Diri Peserta Didik
(Menggunakan Daftar Cek)

     Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti  : 
     Nama                           :……………………………………
     Kelas                           : VII
     Sikap yang dinilai       :  Sosial/ Gotong Royong
No
Pernyataan
Alternatif
Ya
Tidak
1

Saya terlibat aktif dalam bekerja bakti membersihkan kelas atau sekolah


2

Saya bersedia melakukan tugas sesuai kesepakatan pada kelompok


3

Saya bersedia membantu orang lain tanpa mengharap imbalan


4

Saya senang mengerjakan tugas  dalam  kelompok


5
Jika musholla sekolah kotor kami mengajak teman teman untuk membersihkan


6.
Jika di musholla tidak ada sapu saya mengajak teman untuk uran memberi sapu untuk musholla


7
Jika ada teman kita yang sakit menjenguk bersama,dengan membawa oleh-oleh hasil uran bersama



Skor Perolehan



3.      Penilaian Antar Peserta Didik

Contoh Instrumen Penilaian Sikap Sosial

Daftar Cek Penilaian Antar Peserta Didik

Nama penilai                               : (Tidak diisi)
Nama peserta didik yang dinilai :  .............................
Kelas                                           :  .............................
Mata pelajaran                             :  PAI dan Budi Pekerti
Sikap Sosial yang diamati          :  Santun/ Sopan
Berilah tanda cek pada kolom pilihan berikut dengan
4 =    selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 =    sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 =    kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan  sering tidak melakukan
1 =    tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

No
Aspek Pengamatan
Skor
4
3
2
1
1
Tidak menyela pembicaraan.




2
Tidak berkata-kata kotor, kasar, dan takabur.




3
Tidak meludah di sembarang tempat.




4
Tidak menyela pembicaraan




5
Mengucapkan terima kasih setelah menerima bantuan orang lain




6
Bersikap 3S (salam, senyum, sapa)




7
Meminta ijin ketika akan memasuki ruangan orang lain atau menggunakan barang milik orang lain





JUMLAH



Daftar Cek Penilaian Antar Peserta Didik

Nama penilai                               : (Tidak diisi)
Nama peserta didik yang dinilai :  ...........................
Kelas                                           :  ...........................
Mata pelajaran                             :  PAI dan Budi Pekerti
Sikap Sosial yang diamati          :  Percaya diri
Berilah tanda cek pada kolom pilihan berikut dengan
4 =    selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 =    sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 =    kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan  sering tidak melakukan
1 =    tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

No
Aspek Pengamatan
Skor
4
3
2
1
1
Berpendapat atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu.




2
Mampu membuat keputusan dengan cepat




3
Tidak mudah putus asa




4
Tidak canggung dalam bertindak




5
Berani presentasi di depan kelas




6
Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan





File dalam bentuk word dapat didownload DISINI


Post a Comment for "Contoh Format Penilaian Sikap Spiritual Kurikulum 2013"